Pengertian Kalimat Definisi, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contohnya

Littlefishphilly.com – Pengertian Kalimat Definisi, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contohnya –  Sebagai salah satu jenis kalimat, maka kalian wajib memahami dan mengerti apa itu kalimat definisi beserta contohnya. Jadi, tanpa perlu berlama – lama lagi. Yuk, simak ulasan ini hingga selesai.

Kalimat Definisi adalah salah satu sebuah rangkaian kalimat yang memberikan penjelasan serta batasan dari arti suatu istilah. Untuk itu, kalimat definisi itu sediri bersifat mengambarkan keterangan atau penjelasan terhadap suatu objek secara umum. Maka dari itu, mengapa kalimat definisi secara umum memakai kata ” Adalah ” Dengan memasukan kata tersebut, maka kalimat ini bisa di sebut sebagai definisi maksud atau arti dari objek.

Namun, biasanya jika diartikan kalimat definisi ini menggungkapkan suatu keterangan suatu objek. Definisi dan Deskripsi memang memiliki kemiripan, namun kedua ini mempunyai arti dan makna yang berbeda. Sehingga kita bisa melihat kedua tersebut tentu memiliki perbedaan.

Baca juga : Pengertian Hiperbola, Ciri–Ciri, Beserta Contohnya

Perbedaan Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Jika kalimat definisi itu memiliki sifat umum yang secara luas, namun kalimat deskripsi memiliki sifat khusus atau sempit. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, kalian bisa melihat kedua contoh yang Mimin berikan di bawah ini.

Untuk lebih jelasnya lagi, coba perhatikan kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat definisi dan kalimat deskripsi untuk lebih mengetahui perbedaan antara kedua kalimat ini.

Contoh :

  • Bunga Raflesia Arnoldi merupakan salah satu nama lain dari bunga bangkai. ( contoh kalimat definisi ).
  • Motif batik pada kulit ular sanca merupakan salah satu perpaduan warna hitam, coklat dan putih.( kalimat deskripsi ).

Nah, dari contoh kedua kalimat yang telah Mimin berikan diatas, tentu kalimat definisi dan deskripsi memiliki perbedaan yang bisa kita ketahui dari contoh tersebut.

Ciri-ciri Kalimat Definisi

Supaya lebih jelasnya berikut ini beberapa ciri – ciri kalimat Definisi diantaranya adalah:

1.) Menerangkan suatu objek dan suatu makna lebih lebih lengkap.

2.) Terdapat penjelasan yang sifatnya lebih umum.

3.) Makna di dalam kalimatnya tidak bertentangan

4.) Dipakai dalam jenis karangan ilmiah.

Jenis-jenis Kalimat Definisi

Adapun beberapa jenis – jenis kalimat Definisi diantaranya adalah:

1.) Depinisi Formal

Jenis yang pertama adalah Definisi forml. Definisi forml adalah salah satu jenis kalimat definisi terminology yang dipakai untuk menyusun kalimat dengan format logiga formal. Dan jenis ini pun terbagi menjadi 3 kelas diantaranya adalah:

1. Kelas Genius

Kelas Genius adalah salah satu suatu perbedaan unsur yang harus dapat dijadikan sebagai menjadi satu dan kalimat ini diawali dengan klarifikasi. Dan bagian terakhir yang dimasukkan kedalam perbedaan yang menunjukkan penjelasan dan diungkapkan menjadi khusus dan berbeda dengan kelas lainnya.

Contoh Kalimat Definisi Formal Kelas Genius

Manusia adalah salah satu makluk hidup yang pintar karena akal.

2. Definiens

Definiens adalah salah satu sebuah jenis kalimat definisi yang tidak termasuk kiasan atau dalam perumpamaan.

Contoh Kalimat Definisi Formal Definiens

Manusia merupakan salah satu dan menjadi satu – satunya makhluk sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT.

3. Gabungan Definiendum

Gabungan definiendum adalah salah satu jenis dengan cara mempararelkan dan tidak diawali dengan kata misalkan, diawali atau kata tidak dan bukan.

Contoh Kalimat Definisi Gabungan Definiendum

Pendidikan yang baik adalah hal yang mengutamakan pendidikan moral bagi anak suapaya menjadi manusia yang tidak hanya cerdas saja namun juga berakhlak dengan baik.

2.) Definisi Operasional

Definisi operasional adalah salah satu pedoman yang dipakai untuk membuat kalimat sesuai dengan pekerjaan dan penelitian yang sedang dilakukan. Sehingga definisi operasional tersebut juga sebagai definisi kerja.

Sehingga kalimat ini merupakan definisi subjektif yang didasari oleh target, agar dapat melakukan pekerjaan dan mencapai sesuatu yang diharapkan. Definisi Operasional terdapat menjadi dua jenis, diantaranya adalah:

Paradigmatis

Definisi paradigmatiis adalah salah satu jenis yang mengubah cara pikir dan sikap atau pun tindakan lain sehingga sesuai dengan apa yang dideskripsikan. Selain itu, kalimat ini juga berhubungan dengan nilai nilai budaya, adat istiada dan bisnis. Dengan tujuan dan fungsi untuk dapat mempergaruhi argumentasi yang disampaikan untuk memberikan pembuktian secara persuasive atau efektif.

Definisi Luas

Definisi luas adalah salah satu jenis sesuatu yang menjelaskan suatu objek dengan lebih jelas dan lugas bahkan hanya dalam satu paragraf saja. Sebab, untuk menjelaskan sebuah objek memkai definisi luas tidak membutuhkan banyak paragraf, akan tetapi bisa hanya memakai kalimat pendek saja selama dapat menjelaskan dengan lengkap.

Baca juga : Pengertian Teks Persuasif, Contoh, Ciri ciri, Dan Fungsi

Contoh Kalimat Definisi

1.) Herbivora adalah salah satu jenis – jenis hewan yang pemakan rumput.

2.) Angsa adalah salah satu burung air berukuran besar dari genus Cygnus famili Anatidae.

3.) Olahraga sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat menyenangkan.

4.) Kriminal merupakan salah satu sebuah sebutan untuk pelaku kriminalitas.

5.) Bunga matahari adalah salah satu tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik sebagai tanaman hias ataupun tanaman penghasil minyak. 

Demikinalah informasi kali ini semoga dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Leave a Comment