Pengertian Hiperbola, Ciri–Ciri, Beserta Contohnya

littlefishphillyPengertian Hiperbola, Ciri–Ciri, Beserta Contohnya – Untuk kalian yang tidak tahu apa itu Hiperbola, maka kalian bisa mengetahui nya pada ulasan ini ya. Karena pada ulasan ini Admin akan menjelaskan mengenai Pengertian Hiperbola, Ciri–Ciri, Beserta Contohnya secara detail.

Hiperbola yaitu sebuah majas yang mengandung suatu pernyataan yang melebih – melebihkan atau membesar–besarkan sesuatu. Majas tersebut juga menjadi salah satu majas yang sangat umum dan sering dipergunakan, baik dalam pembuatan puisi, atau pun digunakan untuk membuat sebuah kalimat.

Majas ini bisa terbilang bisa digunakan dalam berbagai macam kondisi, bahkan untuk berbicara bersama dengan teman, kita bisa menggunakan majas ini dengan menyelipkan pada kalimat.

Selain itu, majas tersebut juga tebilang sebagai salah satu majas yang paling banyak dibahas atau di kerjain dalam materi pembelajaran, terutama digunakan untuk membuat sebuah puisi. Majas tersebut sendiri sudah dipelajari mulai dari SD, SMP hingga SMA dan majas tersebut juga masih di bahas di tingkat perguruan tinggi. Untuk itu artikel tersebut akan dijelaskan dengan lengkap mengenai majas hiperbola mulai dari pengertian lengkap, ciri – ciri yang disertai dengan contoh di dalam sebuah kalimat sederhana dan majas hiperbola dalam bentuk puisi.

Baca juga : Pengertian Narasumber dan Tugasnya

Pengertian Majas Hiperbola

Terlebih sebelum melihat contohnya, tentu saja kamu harus mengetahui pengertian dari majas yang akan di bahas terlebih dahulu. Majas Hiperbola ialah sebuah majas yang di dalamnya terkandung suatu pernyataan yang dibuat secara berlebih atau pernyataan tersebut dibuat dengan cara membesarkan dari makna sebenarnya.

Kegunaan atau fungsi dari majas hiperbola ialah digunakan sebagai untuk menyusun maupun merangkai sebuah kalimat, pada umumnya Majas Hiperbola menjadikan sebuat karya sastra agar gaya bahasa menjadi lebih menarik dan bisa dinikmati.

Oleh karena itu dalam membuat suatu karya sastra sangat diperlukan yang bisa memahami dengan baik apa itu majas yang terutama majas hiperbola, oleh karena itu majas menjadi salah satu majas yang paling sering digunakan atau di pakai dalam membuate sebuah karya sastra.

Sehingga sangat banyak karya sastra yang menggunakan majas hiperbola tersebut misalnya yaitu seperti puisi atau lirik dalam sebuah lagu yang memiliki fungsi untuk memperindah dan membuat karya sastra tersebut menarik bagi para pembaca atau dari pendengarnya.

Secara umum, majas itu sendiri selalu digabungkan dengan menggunakan paragraf campuran. Hal ini diartikan supaya pembaca bisa  memahami dengan baik dari isi yang ada di dalam majas tersebut dan mengerti maksud atau tujuan dari majas tersebut.

Ciri-Ciri Majas Hiperbola

Berikut ini beberapa Ciri-Ciri Majas Hiperbola .

  • Menggunakan gaya bahasa yang berlebihan atau diperbesarkan supaya sesuatu sehingga membuat hal yang disampaikan akan terlihat menjadi lebih besar daripada Sebenarnya.
  • Menggunakan gaya bahasa dengan kata – kata yang sangat dramatis untuk menyampaikan.
  • Gaya bahasa yang dipergunakan dalam majas hiperbola cenderung yaitu tidak masuk di akal.
  • Gaya bahasa yang terdapat pada majas hiperbola tersey memiliki daya pengaruh yang sangat kuat. Terutama terhadap orang – orang yang membaca atau mendengarkan.

Contoh Majas Hiperbola

Berikut ini Ada beberapa Contoh Majas Hiperbola yang dapat kalian ketahui.

  • Kata – katanya sangat melukai hati sehingga hampir gila dibuatnya.
  • Mengetahui istrinya telah menikah lagi membuat perasaan Boy hancur.
  • Meskipun santai tapi menjadi seorang blogger artikel ialah pekerjaan yang menguras pikiran.
  • Demi menggapai cita–cita bersekolah di luar kota, Roy rela menguras tabungan miliknya.
  • Kata–kata yang disampaikan oleh Ibu sangat mampu membakar semangat anak – anaknya untuk terus maju menggapai cita–cita di masa depan.
  • Begitu ganteng nya Roy sehingga setiap dia lewat mampu mengguncangkan hati para gadis di kampung nya.
  • Setengah mati Roy mencari anaknya, namun ternyata anak nya telah hilang di culik penjahat.
  • Karena ingin sampai di tempat kerja lebih awal maka Putri memacu mobil nya sekencang mungkin.

Baca juga : Pengertian Teks Persuasif, Contoh, Ciri ciri, Dan Fungsi

Demikianlah ulasan singkat yang sudah Admin bagikan mengenai Pengertian Hiperbola, Ciri–Ciri, Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment