Cara Update BIOS Di Laptop Atau Di PC

littlefishphilly.com – Cara Update BIOS Di Laptop Atau Di PC – BIOS mempunya fungsi yang cukup penting sebagai ferforma komputer. BIOS sendiri merupakan perantara data antara perangkat keras yang terpasang (keyboard, mouse, harddisk, dan lain sebaginya. Dengan sistem di komputer.

Sebagai pengguna PC maupun pengguna laptop, maka kalian disarankan untuk melakukan pembaruan di BIOS di Windows secara berkala. Maka dari itu, performa laptop nantinya akan semakin baik.

Nah, hal – hal yang memang harus kalian persiapkan untuk melakukan pembaharuan hal ini adalah USB kosong, aplikasi update BIOS dari laman resmi penyedia aplikasi (misalnya My Asus), laptop atau PC yang akan di-update, dan koneksi internet yang baik.

Namun, bukan hanya sistem operasi Windows atau aplikasi yang perlu untuk diperbarui. Motherboard yang merupakan salah satu fondasi seluruh komponen PC juga harus diperhatikan. Oleh sebab itu, kalian harus mengunduh dan memasang update BIOS terbaru yang disediakan oleh produsen ke PC yang kalian gunakan. Mengapa demikian, karena supaya PC yang kalian gunakan selalu bisa mencicipi teknologi atau fitur terbaru.
 
Namun, jika motherboard kalian sudah melakukan update, maka performanya juga mampu ikut meningkat atau bahkan akan menjadi lebih baik. Update BIOS juga membuat motherboard yang merupakan induk dari PC kalian kebal dari berbagai masalah – masalah atau serangan siber yang mengancam.

Nah tanpa perlu panjang lebar yuk, simak cara mudah update BIOS di laptop atau PC yang bisa kalian ikuti di bawah ini.

Baca juga : Mematikan NSP Telkomsel, Cek Disini Caranya

Cara Mudah Update BIOS di Laptop / PC

Cara Update BIOS Di Laptop Atau Di PC

Download File Bios Update

Untuk mengupdate bios ini, maka kalian perlu untuk mendownloadnya terlebih dahulu “BIOS UPDATE FILE” dengan cara berikut ini.

  • Pertama silahkan klik start, lalu silahkan pilih logo Windows pada bagian kiri bawah layar.
  • Selanjutnya silahkan ketik “msinfo” di kolom pencarian, lalu silahkah klik system information yang terletak pada bagian atas.
  • Nah, silahkan perhatikan nama model komputer di samping tulisan “System Model“, kalian akan melihat daftar angka dan huruf, ini yang merupakan nama model komputer yang kalian gunakan. Kalian akan membutuhkan informasi ini saat mencari BIOS Update File.
  • Dan silahkan temukan versi BIOS di samping tulisan dengan tulisan“BIOS Version/Date” kalian akan melihat nama perusahaan, nama model komputer, dan nomor setelah periode. Nomor setelah periode itulah versi BIOS yang kalian punya.
  • Kemudian silahkan kalian file update BIOS dengan mengetikkan nama komputer kalian, nama model komputer, dan “drivers” atau “BIOS” di Google. Selain itu, temukan link yang sesuai dengan kondisi komputer kalian.
  • Nah, jika kalian sudah menemukan BIOS update file maka lakukan Download file versi terbaru.

Jika file pembaruan BIOS kalian telah selesai diunduh, maka kalian dapat melanjutkan dengan langkah memperbarui BIOS kalian.

Cara Update BIOS

Hal penting yang harus kalian persiapkan jika ingin menpdate BIOS, sebaiknya pastikan komputer atau laptop yang kalian gunakan dalam kondisi baterai yang optimal, kalian bisa mengisi daya baterai kalian terlebih dahulu. Karena jika baterai komputer atau laptop kalian lemah maka nantinya dapat merusak BIOS secara permanen jika komputer atau laptop kalian mati selama proses update berjalan.

  • Ekstrak File BIOS

Selanjutnya silahkan klik dua kali file ZIP yang telah kalian unduh untuk membukanya, kemudian silahkan klik tab Ekstrak pada bagian atas jendela dan pilih Ekstrak semua. Dan selanjutnya menunggu folder yang diekstrak terbuka.

  • Baca dokumen README file BIOS

Apabila dokumen teks berlabel “README” atau serupa tersedia, maka silahkan kalian klik dua kali untuk membukanya dan membaca seluruh dokumen sebelum melanjutkan, dan pastikan kalian mengikuti instruksi README sebagai gantinya.

  • Siapkan Flash Drive

Selanjutnya adalah dengan masukkan flash disk USB ke komputer atau laptop yang kalian gunakan. Karena BIOS kalian tidak dapat mengakses file komputer, maka dari itu kalian harus menempatkan file update BIOS pada USB kosong.

  • Copy File BIOS ke Flash Drive

Dengan mengklik sekali file BIOS, lalu tekan Ctrl + C untuk menyalinnya, dan silahkan buka flash disk kalian dan tekan lagi Ctrl + V untuk menempelkan file yang telah kalian salin. Kalian harus membiarkan flash disk dicolokkan ke komputer kalian selama dalam proses update-ing.

  • Akses Halaman BIOS.

Sebelumnya kalian harus memulai ulang komputer atau laptop yang kalian gunakan itu, terlebih dahulu kalian harus meng-klik Start, meng-klik Power, dan meng-klik, dan segera mulai dengan memasukkan kata sandi yang ditetapkan komputer kalian untuk memulai BIOS

Namun, apabila BIOS tidak dapat dijalankan, maka solusinya kalian harus memulai ulang lagi dan mencoba kata sandi lain. Nmaun, kebanyakan komputer, tombol ini merupakan salah satu tombol fungsi (mis., F12), walaupun beberapa komputer menggunakan tombol Del atau Esc.

  • Cadangkan BIOS

Apabila kalian melihat opsi “Cadangkan” atau “Simpan” di layar utama BIOS (atau jika kalian melihat tab Cadangan pada bagian atas layar), maka silahkan kalian pilih dan ikuti petunjuk di layar tersebut.

Hal Ini akan memastikan bahwa kalian dapat memulihkan pengaturan BIOS kalian yang nantinya jika pembaruan BIOS kalian tidak berjalan dengan baik. Namun perlu kalian ketahui tidak semua BIOS memiliki setting untuk bisa dicadangkan.

  • Aktifkan dan Gunakan BIOS

Dalam setiap BIOS memiliki cara yang sedikit berbeda dalam mengakses update-ing BIOS, jadi kalian mungkin harus berkonsultasi dengan situs dukungan BIOS kalian untuk penjelasan langsung tentang bagaimana cara dalam melakukannya.

  • Izinkan Komputer untuk meng-Update BIOS

Mungkin cara ini dapat memakan waktu dalam beberapa menit sampai lebih dari satu jam. Namun, tergantung pada kondisi komputer yang kalian gunakan. Nah, setelah BIOS kalian telah selesai diperbarui, maka nantinya komputer kalian akan melakukan restart sendiri. Untuk itu, jangan matikan dulu komputer kalian saat BIOS sedang diperbarui.

Karena jika kalian mematikannya, maka bisa jadi BIOS kalian rusak dan artinya komputer atau laptop yang kalian gunakan tidak dapat memulai, menyelesaikan penginstalan BIOS, atau menjalankannya sama sekali.

Baca juga : Begini Cara Download Youtube Menjadi MP3, Cek Disini

Demikinlah ulasan kali ini yang dapat mimin bagikan diatas tentang Cara Update BIOS Di Laptop Atau Di PC, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua.

Leave a Comment